7 Makanan Khas Cirebon yang Rasanya Bikin Nagih

  • Whatsapp
7-Makanan-Khas-Cirebon-yang-Rasanya-Bikin-Nagih
Foto dari Canva Pro

Jalan-jalan ke suatu tempat tentu tidak hanya mengunjungi objek wisatanya. Rasanya tidak mungkin kalau Anda tidak mencicipi makanan khas daerah tersebut. Ini tentu saja menjadi momen yang tidak bisa dilewatkan apalagi saat berkunjung ke Cirebon. Untuk itu, setelah beli tiket kereta Cirebon Jakarta, jangan lupa cari referensi makanan hits di Cirebon.

Makanan Khas Cirebon

Di Cirebon, Anda bisa menemukan aneka makanan hits yang jarang ditemukan di beberapa daerah. Ada apa saja? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Nasi Lengko

Anda pasti jarang mendengar makanan yang satu ini. Nasi lengko merupakan makanan khas Cirebon yang terkenal lebih menyehatkan. Nasi Lengko terdiri dari beragam sayuran yang disiram oleh sambal kacang. Rasanya tentu saja sangat nikmat. Rasa gurihnya tentu saja bisa memanjakan lidah wisatawan yang baru saja mencicipi masakan yang satu ini.

Nasi Lengko sangat mudah ditemukan. Anda bisa membelinya di pinggir jalan dengan kisaran Rp 10 ribu. Jadi, sempatkan untuk mencicipi masakan yang satu ini, ya.

2. Mie Koclok

Kalau bosan dengan mie ayam, jangan lupa mencicipi mie koclok saat berkunjung ke Cirebon. Kuliner ini kabarnya sudah ada sejak tahun 1945, jadi rasanya tentu saja akan sangat khas.

Untuk memberikan cita rasa yang lezat, mie koclok ini disajikan dengan irisan telur, ayam suwir, daun bawang, dan tauge. Kuahnya berwarna putih dan kental, sehingga rasanya membuat orang semakin penasaran.

3. Empal Asam

Selain empal gentong, ada juga empal asam. Kuliner yang satu ini pasti terdengar asing apalagi jika Anda belum pernah mengunjungi Cirebon. Meskipun namanya empal asam, rasanya tetap gurih.

Rasa asamnya berasal dari belimbing wuluh, sehingga rasanya akan lebih segar dan tidak terasa kecut. Selain itu, isiannya adalah daging yang dicampur dengan babat. Tambahkan sambal agar rasanya lebih mantap.

4. Sate Kalong

Saat mendengar nama yang satu ini, sebagian orang mungkin akan merasa jijik. Namun, sate yang dijual ini bukanlah daging kalong (kelelawar), melainkan daging kerbau. Dinamakan kalong karena sate ini selalu beroperasi pada malam hari. Rasanya beda dari sate yang lain. Ada bumbu khusus yang membuat rasanya menjadi manis. Jadi, kalau mau cobain sate ini, jangan datang pada siang atau sore hari.

5. Pedesan Entog

Bagi Anda yang suka dengan cita rasa pedas, mampir saja ke kedai yang menjual pedesan entog. Entog merupakan jenis unggas yang mirip dengan bebek. Badannya lebih montok dan besar. Pedesan entog ini disiram dengan kuah yang gurih dan pedas, sehingga rasanya akan sangat segar.

Namun, jika Anda tidak menyukai rasa pedas, Anda bisa meminta hidangan yang tidak menggunakan cabai. Jadi, setelah pesan tiket kereta Cirebon Jakarta, mampir saja ke desa Megu Gede yang banyak menjual pedesan entog.

6. Gepu

Di Cirebon, combro dikenal dengan sebutan Gepu. Makanan yang satu ini tentu saja tidak asing lagi, yaitu parutan singkong yang diisi dengan oncom. Namun, tetap saja gepu Cirebon memiliki cita rasa yang khas dibandingkan dengan combro yang biasa Anda konsumsi. Harganya bervariasi, mulai dari Rp 1 ribu sampai Rp 3 ribu saja. Murah banget, kan?

Itulah enam kuliner khas Cirebon yang wajib Anda cicipi. Jangan lupa beli tiket kereta Cirebon Jakarta agar perjalanan menjadi lebih menyenangkan Beli di e commerce kesayangan Anda untuk mendapatkan penawaran spesial!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *